Cara Jitu Mengajari Anak Merawat Kesehatan Gigi Dan Mulut

Written by Kim on December 22, 2020 in Tips agar anak mau mendengar nasihat with no comments.

Jangan terlalu terburu-buru dalam membersihkan gigi, sikat gigi secara perlahan dan dengan pola melingkar untuk menghilangkan plak di gigi. Menjaga kesehatan gigi dan mulut yang tidak kalah pentingnya dengan merawat kesehatan organ lainnya! Gangguan pada mulut dan gigi bisa menimbulkan rasa sakit yang akhirnya menggangu aktivitas keseharian Anda. Belum lagi jika gigi sampai lepas, penampilan Anda jadi tidak menarik lagi. Salah satu produk yang bisa menjadi pilihan Parents adalah Nuby Tooth and Gum Care Set. Dengan harga yang terjangkau, Nuby Tooth and Gum Care Set sudah bisa memberikan perawatan terbaik untuk kesehatan gigi anak sesuai dengan tahap pertumbuhannya.

Ada pula yang menganjurkan untuk memulai menyikat gigi sejak four gigi pertama anak tumbuh. Orangtua dapat mengajarkan anak cara menyikat gigi sendiri ketika anak sudah lebih mandiri, umumnya saat anak sudah dapat membuang pasta gigi dari mulut. Meskipun tidak menggunakan pasta gigi berfluoride, anak harus mendapatkan cukupfluoridedan kalsium dari sumber makanan.

Gunakan lap yang lembut dan agak basah untuk menggosok gusinya perlahan-lahan. Kebiasaan merawat gigi sehat harus dilakukan sejak sedini mungkin. Meski masih berupa gigi susu, jangan biarkan gigi Si Kecil berlubang ataupun keropos.

Menurut Canadian Dental Association, jika Moms tidak menghilangkan kuman dan gula yang menyebabkan gigi berlubang, maka mereka akan memiliki waktu semalaman untuk menggerogoti gigi anak. Ketika gigi anak muncul, sikatlah dua kali sehari dengan sikat gigi anak dan pasta gigi anak, terutama saat anak mau tidur ya, Moms. Menyikat gigi sejak kecil penting sekali lho Moms untuk kesehatan gigi dan mulutnya. Saat bayi belum punya gigi, Moms bisa menyeka gusinya dengan sikat gigi bayi ataupun lap lembut. Pepsodent Kids Mild Mint, pasta gigi dengan rasa mint yang segar ini diformulasikan khusus untuk anak, menjaga gigi susu agar tetap kuat dan sehat.

Anak-anak yang menggunakan obat untuk kondisi kronis seperti asma dan masalah jantung memiliki resiko lebih tinggi mengalami kerusakan gigi. Antibiotik dan beberapa obat asma dapat menyebabkan infeksi jamur yang dikenal dengan sariawan. Berkonsultasilah dengan dokter untuk menentukan frekueni menyikat gigi jika menggunakan obat jangka panjang. Untuk gigi yang baru tumbuh, orang tua cukup membersihkan gigi anak dengan menggunakan kain kasa basah. Mulailah membersihkan gigi dan mulut anak sejak giginya belum tumbuh sehingga anak akan terbiasa dengan mulut yang bersih dan tidak nyaman jika mulutnya kotor.

Sekilas bahasan mengenai penyakit gigi di atas, dapat memberikan gambaran betapa pentingnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mengonsumsi sayuran yang segar dan renyah dapat menstimulasi gigi dan gusi, serta menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ketika gigi si kecil mulai tumbuh, maka kini saatnya Parents mengajak ia untuk terbiasa menyikat gigi dua kali sehari. Hal ini dilakukan agar anak tidak kaget atau pun merasa mual saat menggosok giginya untuk pertama kali. Anda bisa menggunakan salah satu koleksi Tooth and Gum Care Set dari Nuby. Dengan sikat gigi berbahan nilon, anak akan lebih merasa nyaman menyikat giginya yang baru tumbuh.

Terlepas dari itu, sebagai orang tua Anda pasti lebih paham kandungan yang terbaik untuk anak. Bantu anak untuk memilih pasta yang terbaik untuknya, misalnya Anda bisa merekomendasikan pasta gigi Darlie Bunny Kids. Fluorida berguna untuk mencegah kerusakan gigi dan karies anak usia dini. Selama periode ini, sebaiknya Mums mulai menyikat gigi anak dari belakang sambil menopang kepalanya dengan lembut. Rutinitas ini harus dilakukan dua kali sehari dengan menggunakan sikat gigi yang lembut dan sedikit odol saja. Obat kumur yang mengandung minyak esensial bisa membantu menjaga kesehatan mulut anak.

Cara menjaga kebersihan gigi anak

Kesehatan gigi dan mulut pada anak memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak secara umum. Ada cara-cara tertentu yang harus orang tua pahami agar pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sehari-hari pada anak dengan autisme dapat dilakukan dengan baik. Selain membersihkan plak-plak gigi yang tertinggal, rutin memeriksakan diri ke dokter gigi juga dapat membantu memantau kesehatan gigi dan mulut anak. Biasakan minum air putih dengan gelas juga bisa menghindari anak dari kerusakan gigi.

Comments are closed.