10 Manfaat Energi Matahari Untuk Kesehatan & Kehidupan Manusia

Written by Kim on April 14, 2020 in Kesehatan Tubuh with no comments.

Jenis mineral ini merupakan pelaku utama dalam pembentukan DNA dan RNA. Fosfor juga memengaruhi metabolism tubuh dan mencegah kontraksi otot yang berlebihan. Matahari pagi ternyata juga mampu meningkatkan jumlah asupan kalsium bagi tubuh. Kalsium menjadi mineral penting bagi kesehatan tubuh karena mampu mendukung tumbuh kembang.

Paparan sinar matahari sedang akan sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Karena sel darah putih meningkat dengan paparan sinar matahari, mereka memainkan peran kunci dalam melawan penyakit dan melindungi tubuh dari infeksi. Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan adalah salah satu manfaat matahari pagi. Selain itu, sinar matahari pagi juga mampu meningkatkan kebugaran pernapasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur di bawah sinar matahari. Meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh Anda.

Pentingnya matahari untuk kesehatan tubuh

Menariknya, olahraga satu ini ternyata juga bermanfaat agar kita tidak mudah terpapar COVID-19. Akan tetapi sepertinya masih banyak orang yang kurang peduli akan hal itu. Terbukti dari banyaknya korban jiwa yang diakibatkan penyakit-penyakit yang menyerang jantung.

Namun protokol kesehatan tetap perlu diperhatikan dan diaplikasikan dalam kegiatan Anda sehari-hari, ya. Bayi yang lahir kuning untuk waktu lama, membutuhkan bantuan cahaya matahari lebih banyak agar gejala kulit kuningnya lekas mereda. Hal ini dapat terjadi salah satunya ketika fungsi hatinya belum cukup matang, atau lantaran suatu penyakit lain. Cara sederhana mengatasi bayi yang kadar bilirubin-nya lebih tinggi dari regular begini adalah dengan menjemurnya di bawah cahaya matahari. Malahan hasil studi dari Universitas Harvard menunjukkan kalau, kurangnya paparan sinar matahari bisa meningkatkan tekanan darah.

Meski Indonesia mendapat sinar matahari hampir sepanjang tahun, hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa masih banyak penduduk yang mengalami defisiensi vitamin D, terutama perempuan. Selain untuk tulang, vitamin D juga membantu mencegah penyakit seperti hipertensi, hingga diabetes tipe 1 dan 2, lo. Untuk perlindungan yang optimum Agen Bola Online sekaligus suggestions kala berjemur matahari pagi, Si Kecil dapat menggunakan tabir surya, atau topi untuk melindungi bagian kepala dan lehernya.

Peran hormon serotonin sangat penting bagi tubuh manusia karena bermanfaat dalam mengelola suasana hati, termasuk mencegah depresi. Selain itu hormon serotonin sebenarnya berperan sebagai pengantar sinyal antar jaringan saraf. Ketika kita rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi, tubuh kita akan lebih banyak memproduksi sel darah putih yang juga berfungsi sebagai pelindung tubuh kita. Sel darah putih juga berfungsi dalam melawan berbagai penyakit penyebab infeksi. Sehingga, dengan kamu rutin berjemur, kekebalan tubuh kamu juga akan meningkat.

Sinar matahari membuat tubuh mendapat sinyal yang jelas bahwa ini bukan lagi malam dan ini membantu mempertahankan ritme sirkadian yang regular. Ketika di luar gelap, tubuh mendapatkan sinyal sehingga merasa lelah dan mengantuk menjelang waktu tidur. “Vitamin D berperan meningkatkan jumlahserotonindi otak, yang merupakan hormon penghasil perasaan bahagia. Laporan Life Noggin menjelaskan jika udara segar dan sinar matahari pada siang hari memberi Anda dosis vitamin D yang baik. Memang vitamin D dapat diperoleh dari makanan dan minuman tertentu, tetapi, vitamin D yang berasal dari sinar matahari diserap langsung oleh kulit Anda. Meningkatkan kebugaran pernafasan, Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan adalah salah satu kegunaan sinar matahari.

Nah sinar matahari pagi adalah cahaya alami yang dapat membantu terjadinya proses tersebut. Si Kecil yang baru lahir beresiko mengalami penyakit kuning, karena kadar bilirubin dalam tubuh yang berlebihan dan fungsi hati yang tidak terkontrol. Dengan berjemur, sinar matahari pagi dapat membantu memecah bilirubin dalam darah, sehingga dapat membuat kadarnya menurun dan kembali regular. Sejak dahulu, manfaat berjemur dibawah sinar matahari pagi memang dipercaya sangat baik untuk kesehatan.

Comments are closed.